Donat Tape

Mungkin bagi food blogger donat tape sudah biasa dan sudah ketinggalan ya..Tapi bagi aku ini baru kali pertama tau ada donat tape.
Gegara selalu nyetok tape di lemari es untuk pesanan cake tape keju, kepikiran bikin sesuatu yang bahannya ada tape-tapenya gituuh, setelah pikir memikir (jiaahh gayanya sok iyee) pilihannya jatuh pada donat tape yang rencana resep otak atik sendiri tapi coba-coba brosing..wow ternyata sudah banyak euy. Pilihan jatuh ke blognya Hesti's Kitchen yang pakai resep Donat Tape NCC. Aku ga pakai telur tapi cairan diganti susu cair, dan baking powder pakai yang single acting. Margarinnya juga aku cairkan karena salah baca resep hihi untungnya hasilnya empuk, menul-menul dan enak bahkan sampai besoknya masih empuk. Ini banyak modifikasinya padahal baru sekali nyoba resepnya jadi ga bisa membandingkan dengan yang pakai resep asli hehe


Resep Donat NCC
Source: Fatmah Bahalwan
Modified by Me

Bahan A:

400 g terigu protein tinggi (cakra)
100 g terigu protein sedang ( segitiga)
40 g gula pasir
20 g susu bubuk
11 g fermipan (1 sachet)
1/2 sdt baking powder double acting ( aku pakai baking powder single acting)

Bahan B:
200 g tape singkong, haluskan
1 butir telur ( aku ga pake)
175 ml air dingin ( aku pake susu cair dingin)

Bahan C:
40 g margarin/mentega (aku dicairkan)
1 sdt garam

Bahan tambahan
Minyak goreng
Gula donat

Cara Membuat

  1. Campur semua bahan A masukkan bahan B sampai brrgumpal-gumpal.
  2. Masukkan bahan C uleni hingga kalis dan elastis
  3. Timbang masing-masing 40 g, bulatkan dan diamkan selama 40 menit hingga mengembang dengan ditutup serbet
  4. Panaskan minyak goreng dengan api kecil. Ambil adonan lubangi, goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  5. Tabur gula atau hias sesuai selera.
Agar gula merata aku masukkan gula dalam plastik lalu masukkan donat, kocok hingga gula nempel dan merata pada donat.



Sampe besoknya masih tetep empuk, belum tau kalo besok-besoknya hehe..





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marmer Cake Jadul Pak Sahak

Kue Pancong (Kue Bandros)

Srikaya Telur Gula Merah