Srikaya Telur Gula Merah

Suka banget sama makanan ini. Biasanya kalo beli di toko kue di cup-cup plastik kotak gituh. Tapi aku masih bingung antara srikaya dan sarikaya haha...entahlah apa karena beda kota beda sebutan tp jenis makanan yg sama atau mungkin beda, tapi aku taunya makanan ini srikaya hehe...
Baru kali ini aku bikin, resepnya kira-kira hasil googling, bahannya sama semua. Hasil cemplung-cemplung, jadi deh :)


Resep Srikaya Telur Gula Merah

Bahan :

350 ml santan kental sedang ( aku pakai santan bumas 180 ml+air hingga 350 ml)
95-100 g gula merah (Manis sesuai selera, kalo aku 95 g manisnya sedang karena kurang suka terlalu manis)
3 butir telur, kocok lepas
Garam secukupnya
1 lembar daun pandan

Cara Membuat :

1. Rebus santan+gula merah+pandan hingga gula larut sambil diaduk. Angkat. Saring. Dinginkan
2. Masukkan rebusan santan gula yang sudah dingin/hangat kuku kedalam kocokan telur, tambahkan garam, aduk rata.
3. Masukkan kedalam cetakan cup-cup kecil atau sedang
4. Panaskan kukusan, masukkan cetakan/cup-cup yang sudah berisi adonan srikaya. Kukus selama kurleb 20-30 menit hingga matang.
5. Angkat dan dinginkan.

Enak bingiittsss, suamiku suka..dan ngabisin! Oemjii hahaha..
Karena masih punya stok pisang ulli sebagian aku kasih topping pisang, tambah enak deh, masbojo tadinya ga mau karena ga suka pisang..pas dicoba, minta dibikinin lagi wkwkwkwk...


Kalo menurutku sih pakai resep ini lembut banget, lain kali pakai resep yang sudah beredar di kalangan senior hehe
Oiya kalo pakai santan peras atau santan instant merk lain juga its ok ya, aku pakai bumas karena pas ada stoknya hehe..disesuaikan saja dengan stok yang ada .


Selamat mencoba..^^


Komentar

  1. Boleh masuk.....ada yang pakai maijena, udah coba......? yang betul yang mana yach........?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mba hehe...waduh yang pakai maizena sy belum pernah coba mba. maaf :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. bisa masuk....? ada yang pakai maijena, dah coba....? mana yang betul yahc.......?

    BalasHapus
  3. Terimakasih mba resepnya. Yg saya tau srikaya itu khas serang. Krna pertama coba mknn ini di serang Banten.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh saya asli Serang Banten mba, cuman sy ga tau sih kalo srikaya ini khas Serang 🙏

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marmer Cake Jadul Pak Sahak

Kue Pancong (Kue Bandros)