Floss Roll Bun a.k.a Roti Gulung Abon

Haaaiii my blog apa kabaarr?? hehe...Sudah lama buanget ga posting di blog, masih bloging blue (apaan siihh..). 
Postingan pertama setelah lama ga ada kabar (hufft) ini adalah Floss Roll Bun...horee (lebay..😂). 
Sudah lama banget sih roti ini masuk list diotakku untuk segera dieksekusi, karena favourite aku dan hubby, biasanya beli di gerai roti terkenal breadtalk, tapi belum PD karena harus digulung ( dalam hal gulung menggulung aku mah apa atuuhh hihi ), akhirnya baru sekarang kesampean dan memPDkan diri, dan beli abon dan mayonesnya juga dadakan di toserba ruko komplek gerimis-gerimis pula karena ga punya stok. Sempet lupa sih karena lagi seneng-senengnya bikin roti sobek.

Alhamdulillah bikin pertama sukses, walaupun ngegulungnya masih belum padat dan rotinya tebel jadi pas digulung jadinya guwede, cukup buat sarapan dan tahan sampai siang hahhaa lebay, tapi emang bener jadinya gede banget karena 1 adonan aku jadikan 1 loyang ukuran 30x30 dan atasnya kurang coklat karena takut terlalu kering yang bakal ga bisa digulung.


Tuh bohaeykan roti gulungnya hehe, abonnya ketebelan beli 1 bungkus yang lain ga kebagian 
:D


Warnanya kurang coklat dan ga rata karena memang aku ga ngolesin pakai kuning telur jadi kurang coklat atasnya (ngeles hehe), abonnya juga tipis banget yang didalam ( besok-besok beli abonnya yang banyakan deh haha ), gapapalah yang penting rasanya hihi.

Karena testimoni masbojo katanya enak kayak floss roll yang di gerai roti di mall, akhirnya nyoba eksekusi ke 2, karena kita berdua maniak pedas dan kebetulan di rumah ada stok cabe kering sachetan (beli serenteng), taburan atasnya aku tambahin cabe kering, jadi tambah endess deh beneran.
Eksekusi yang kedua ini adonan aku tipisin jadi dapat 2 loyang, loyang 30x30 dan 24x24.

Masih setia dengan resep roti yang super gampang, Sangjin Ko, suka banget sama resep roti ini tanpa cape, tanpa ribet ( ribet proofingnya aja yang agak lama hehe). Sudah pernah aku posting resepnya disini, tapi aku tulis lagi deh :)

Resep Roti Sangjin Ko
modified by: Inaya Khawasie

Bahan :
260 g terigu protein tinggi (cakra kembar)
40 g terigu protein sedang (segitiga biru), aku mah pakai segitiga biru semua, karena ga punya stok cakra kembar.
120 ml air, aku mah susu cair semua
100 ml susu cair
50 g gula pasir
3 g garam
6 g fermipan (1 1/2 sdt)
30 g margarin, cairkan

Cara Membuat
1. Campur air dan susu cair, masukma gula dan garam, adu hingga gula larut
2. Taburi fermipan, biarkan fermipan larut kurleb 5-10 menit, aduk hingga tercampur
3. Masukkan kedalam campuran tepung cakra+tepung segitiga sedikit demi sedikit hingga adonan terasa kenyal, bila cairan berlebih sisihkan saja.
4. Masukkan margarin cair, aduk hingga rata atau remas-remas dengan tangan.
5. Bulatkan dan diamkan dengan ditutul serbet bersih hingga mengembang 2x lipat, kempeskan fan uleni sebentar, bulatkan dan diamkan lagi hingga mengembang 2x lipat, kempeskan. Lakukan ini hingga 3x, kemudian tutup masukkan di lemari es hingga 5-6 jam.
6. Keluarkan dari lemari es, biarkan suhu ruang, kempeskan adonan dan uleni sebentar. Bentuk sesuka hati dengan isi dan topping kesukaan, tata di loyang yang sudah bersemir margarin, diamkan selama 30 menit hingga mengembang 2x lipat.
7. Panaskan oven hingga suhu 200°C, panggang selama 15-20 menit hingga matang.

Floss Roll
isi : mayones, abon sapi/ayam
topping : irisan daun bawang, wijen putih, cabe kering sachetan
olesan : kuning telur+susu/air sedikit

Untuk floss roll ini, adonan aku bagi 2, yang sebagian lebih banyak untuk loyang 30x30, dan sebagian lebih sedikit untuk loyang 24x24, gilas adonan bentuk kotak tidak terlalu tipis, masukkan kedalam loyang sambil adonan ditekan tekan hingga memenuhi loyang, diamkan selama kurleb 30 menit, tusuk-tusuk permukaan adonan dengan garpu, oles dengan kuning telur taburi dengan irisan daun bawang, wijen putih, cabe kering. Oven pada suhu 200°C selama 15 menit, aku pakai otang 3 menit terakhir pindahkan loyang ke rak paling atas untuk efek coklat permukaan roti.
Keluarkan roti dari oven, pindahkan roti ke tempat/loyang lain ukuran sama yang sudah dialas kertas roti, biarkan dingin. Balik roti, oles dengan mayones hingga rata dan taburi abon dan cabe kering (kalo mau super pedas), dengan bantuan alas roti gulung pelan-pelan sambil dipadatkan, bila awal gulungan sudah padat tarik alas roti kedepan sambil ditekan agar padat. Selesai deh, semoga bisa dimengerti hehe, diamkan dulu agar gulungan set kemudian potong-potong dengan ketebalan sesuai selera, oles ujung-ujung roti gulung dengan mayones, taburi dengan abon sapi/ayam, siap disantap :)


Ini floss roll eksekusi kedua warna permukaan sudah lumayanlah yaa berwarna hehe


Maap ya fotonya amatiran, pake kamera hape, belum kuasa beli yang LSR, doakan yaaa bisa kebeli hahhaa..aamiinn


setelah digulung, aku potong jadi 2 sama panjang kemudian potong lagi sesuai selera.

Semoga keterangan diatas semoga bisa dipahami oleh yang membaca dan bisa membantu teman temin semua, maklum aku juga masih belajar hehe...

Gudlak semua ^_^


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marmer Cake Jadul Pak Sahak

Kue Pancong (Kue Bandros)

Srikaya Telur Gula Merah