Molen Pisang Keju Coklat A la Kartikasari

Akhirnya berhasil juga bikin molen yang enak inih...bener enak deh persis dengan aslinya, empuukk dan enaakk.
Resepnya nyontek dari blog Mba Hesti.

Sudah lama banget pengen eksekusi molen ini, korsvet sudah lama beli terbengkalai dalam kulkas, kebetulan ada pisang kepok masih banyak dikasih teman, kalau digoreng biasa bakal aku sendiri yang habisin, my hubby ga suka pisang kecuali dimodifikasi seperti dibakar/panggang ditopping susu, coklat dan keju.


Ceritanya eksekusi molen ini buat bekal mudik ke Cilegon, buat 1 resep tapi cuman separuh yang dibikin (waktunya mepet, my hubby keburu pulang dari kerja hehe). Alhasil fotonya alakadarnya, masih diloyang fresh from the oven hehe...

Ini resepnya

Molen Pisang Keju Coklat Kartikasari

Bahan :
  • 250 g terigu protein sedang
  • 30 g gula pasir
  • 2 butir kuning telur
  • 1 sdm margarine/butter
  • Kurleb 100 ml air es
  • 1/2 sdt garam
  • 125 g korsvet

Filling :
- Pisang kepok/raja/tanduk dikukus, dipotong-potong
- Keju Cheddar, dipotong2 memanjang
- Coklat meises
- Gula pasir/susu kental manis

Cara Membuat :

1. Pastry : campur terigu, gula pasir dan garam. Aduk rata. Masukkan kuning telur dan air sambil diuleni asal bercampur rata. Masukkan margarin, aduk dan uleni sampai kalistidak perlu sampai elastis. Bulatkan dan simpan dalam kulkas selama 15 menit.

2. Keluarkan adonan dari kulkas. Gilas adonan membentuk persegi panjang, taruh korsvet ditengah, lipat bagian pinggir kedalam sampai menutup korsvet. Gilas, lipat lagi. Lakukan ini sampai 4x. Simpan dalam kulkas selama 15 menit.

3. Keluarkan dari kulkas gilas tipis adonan dan potong kotak-kotak dengan lebar sesuai selera, taruh sedikit gula pasir atau susu kental manis dan meises ditengah adonan, taruh pisang yang sudah diselipkan keju, lipat seperti amplop hingga tertutup rapat, taruh diloyang yang sudah dialas kertas roti, beri jarak untuk molen mengembang  oles permukaan molen dengan kuning telur+madu taburi keju. Panggang dengan suhu 180°C hingga kekuningan, kemudian turunkan suhu hingga kira-kira 160°C ( aku pake otang jadi harus pake ilmu kira-kira hehe) hingga berwarna coklat keemasan. Angkat. Sajikan

Nb. Apabila adonan terasa mulai lengket pada saat dibentuk simpan dulu dalam kulkas baru digilas lagi.

Semoga bermanfaat ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Pancong (Kue Bandros)

Marmer Cake Jadul Pak Sahak

Srikaya Telur Gula Merah