Kue Soes

Yup..kue soes, kue yang gampang2 susah menurutku karena kalo ga bener2 tau triknya bakal kempes setelah dikeluarkan dari oven..
Jadi inget dl waktu awal2 tinggal di Bogor aku kerja sambil nitip kueh d toko kueh di daerah Ciomas krn searah jalan ke kantor tempat kerjaku, ga tau knp aku semangat bgt bikin kue dan dititipin pdhl kalo dibilang krn faktor ekonomi jg ga, tp gatel aja otak dan tanganku buat eksekusi resep2 yg aku punya. Dulu yg aku titip kue soes, bakwan udang, dan bitter ballen. Wlpn aku jualan bkn krn faktor ekonomi tp kalo jualanku msh sisa rasanya gimanaaaa gituh -sakitnya tuh disini-sambil nunjuk kueh hihi...
Setelah berhenti kerja malah ga jualan lagih -orang yang aneh :D- malah penjaga toko kuehnya yg sms nanyain knp ga nitip kueh lagi dan pesen buat pelanggannya..emang rejeki ga kmn yaa..
Setelah pindah rumah-jauh dari toko kuehnya- cuman nguprek2 di rumah ajah sambil uji coba resep2 dan sambil kerja freelance surveyor..eh ini ko critanya ngeLantur kmn2..back to kue soes lagiiii...


Stelah sekian lama ga buat kue soes, kebetulan bulan lalu ada yang pesen kue inih, tapi toppingnya vla dan buah...hmm tantangan baru nih, blm pernah bikin yg buah soalnya..
Cuuzz googling...nemu soes bunga vla buah, inspirated bangeett, tp cetakan ga punya nih.. Besoknya sambil blanji blanja bahan2 kue, dapet deh cetakannya..

cetakan soes bunga

Hasilnya begini



Tapi yang ada buahnya ga sempet dijepret, keburu dianterin dl krn tkt telat, jd cuman yg vla ajah jatahnya tasterku yg paling setia hehe..

Setelah soes bunga vla buah, tetangga depan rumah ikutan pesen  soes ini tp aku kasih pilihan yg bunga ato yg mangkok (pdhl aku blm pernah bikin yg mangkok, makanya aku tawarin biar aku tertantang lg gituh hehe),aku ksh contoh gambarnya dari google. Ternyata customerku ini mau yg mangkok biar beda ktnya..oke beklah..
Untuk soes mangkok ini aku pake cetakan muffin seperti mba Hesti yang dispuit melingkar kecil dasar dan pinggir2 cetakan muffin. Lumayan makan waktu sih kalo dibandingkan cuman dispuit langsung di loyang dg ukuran besar, pas matang tinggal dibelah 2. Tapi tampilan yg dicetak muffin ini jd cantik krn ada bentuknya.


Untuk buahnya aku dah sreg sama 3 diva inih, yaitu kiwi, jeruk mandarin kalengan dan strawberry, cantik warnanya.

Selain warnanya cantik, terlihat mewah customer jg suka.

Selain soes vla buah jg, soes klasik dengan vla vanilla msh byk peminatnya..

Bohay-bohay nih soesnya


Resep soes ini aku pake resep kue soes dan vla bu Fatmah Bahalwan NCC,

Resep kue Soes
Bahan:
200 ml air
125 g margarin
1 sdm gula pasir (aku skip)
150 g terigu
4 butir telur

Cara membuat:
1. Masak air di panci, margarin dan gula hingga mendidih, angkat
2. Masukkan terigu, aduk cepat hingga kalis tidak menempel di panci, nyalakan api kecil saja,aduk2 hingga matang dan kalis.angkat.dinginkan
3. Setelah dingin/hangat masukkan telur 1 per 1 sambil dimixer atau dikocok dengan whisker hingga rata
4. Masukkan ke plastik segitiga, semprotkan ke loyang yg sudah dioles margarin dan ditabur tepung. Kalopake cetakan cukup oleskan minyak tipis2.
5. Panggang dengan suhu 200°c, tunggu hingga mengembang dan busa hilang, kecilkan api sampe suhu kurleb 180°c, panggang sampe kue soes agak kecoklatan dan terlihat kokoh.keluarkan dari oven.

Resep Vla Vanilla
Bahan:
500 ml susu cair
2 kuning telur
50 g maizena
75 g gula pasir
1/2 sdt vanilla ( aku pake vanilla susu)
1 sdm margarin

Cara Membuat :
1. Didihkan sebagian susu dg gula pasir dengan api kecil.
2. Dalam panci,campur sebagian susu, maizena,vanilla dan telur. Aduk rata.
3. Masukkan campuran tepung kedalam susu yg sudah mendidih sambil diaduk2 hingga mengental.angkat
4. Masukkan margarin. Aduk rata
5. Siap untuk isian soes

TIPS AGAR SOES TIDAK AMBLAS
1. Pastikan rebusan air+margarin mendidih krn kalo ga sampe mendidih si soes ga ngembang dan amblas setelah keluar oven
2. Pastikan suhu oven sblm loyang masuk, suhu sudah benar2 panas
3. Selama 15 menit pertama JANGAN PERNAH BUKA OVEN!
4. Pastikan memasukkan telur,adonan dlm keadaan dingin ato hangat, krn kalo msh panas telur bakal matang dan ga bakal mengembang

Gudlak





Komentar

  1. Mb beli cetakannya di mana ya..ol shop yg jual ada ga ya.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya beli cetakannya di tbk di pasar mba. online shop biasanya ada mba... :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marmer Cake Jadul Pak Sahak

Kue Pancong (Kue Bandros)

Srikaya Telur Gula Merah