Donat Ubi Ungu

Yeeaayy ujicoba donat ubi ungu berhasill....berhasil horraayy..hihihi...
Donat ini terinspirasi dari donat kentang ncc yg banyak seliweran di blog para senior...telat siihh emangg secara aku baru aktif di group fb ncc, ngeblog,brosing2 dll...gpp mending telat drpd ga sama sekali hehe..(ngeles..:D)
Kenapa aku ganti ubi ungu ini, karena akhir-akhir ini di pasar lg banyak ubi ungu, liat warnanya jd demen hehe..pengen diolah jd macem2 makanan tapi yang ada diotakku donat ubi, cake ubi dan bubur candil ubi..terlintaslah donat kentang yg banyak diposting member group ncc..penasaran doongg..^^
Yang lagi booming jg lapis ubi ungu, tapi males banget bikin lapis mah pasti bakal lama hihi..dasar pemalas!haha..


Aku sih ga nyari tau kandungan ubi ungu ini karena yang bikin aku tertarik adalah warnanya hehe.
Cairan dalam resep donat ini aku ganti dengan susu cair dingin biar empuk hasilnya..

Resep Donat Ubi Ungu
Adaptasi dari Donat Kentang NCC
Modifikasi by Aku

Bahan
250 g terigu protein tinggi (aku pake terigu serba guna,karena yang ada itu..:) )
100 g ubi ungu kukus
50 g gula pasir
25 g susu bubuk
2 sdt ragi (aku pake fermipan)
2 butir kuning telur
40 g margarin
Sejumput garam
75 ml susu cair dingin

Cara Membuat
1. Haluskan ubi kukus+ sebagian susu cair dengan blender hingga halus benar. Sisihkan
2. Dalam baskom besar masukkan terigu, susu, gula pasir, ragi aduk rata
3. Masukkan ubi halus, kuning telur dan susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni setengah kalis
4. Masukkan margarin, uleni lagi, masukkan garam terus uleni hingga tidak menempel ditangan alias kalis elastis dan haluus.
5. Bulatkan adonan dan diamkan dalam baskom yang sudah diolesi minyak tipis, ditutup plastik wrap agar tidak kering selama 30 menit atau hingga mengembang 2x lipat ( aku lebih dari 1 jam karena aku tinggal keluar ada keperluan ^^)
6. Kempeskan adonan, bentuk dengan cetakan donat. Proofing lagi selama 20 menit.
7. Goreng dengan minyak banyak dan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan.
8. Hias sesuka hati..:D

Halus mulus ya hehe

Mengembang 2x lipat

Hiasnya masih acak2an ya hehe


Hasilnya donat ubi yang empuuukkk, hubby sukaaa..
Bikin kemarin, pagi ini masih empuk..
Ubi ungu mentah masih ada, bikin apa lagi yaaa ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marmer Cake Jadul Pak Sahak

Kue Pancong (Kue Bandros)

Srikaya Telur Gula Merah