Super Fudgy Brownies

Buanyak sekali jenis brownies panggang  tapi brownies panggang yang sering aku buat untuk bakulan jualanku adalah super fudgy brownies ini. Belum coba promosi brownies panggang yang sekarang lagi booming di fb NCC brownies 1/2 kg nya Teh Nicke DKania dan brownies sungai Ummu Allegra.
Pengen nyoba juga American Brownies hadeeuuhh rencana muluuuu...haha


Super Fudgy Brownies ini menurutku enak, garing diluar, chewy dan empuk didalam apalagi diberi taburan kacang2an..hmm yummyyyy...nyoklat banget, iyalah nyoklat banget lha pake DCC nya aja hampir seperempat kilo sendiri weww...
Kalo sesuai resep rasanya manis banget bagi aku yang kurang suka terlalu manis, makanya aku selalu kurangin gulanya, selain hemat gula ga eneg juga hehe..
Kebetulan yang pesen ga komplain, pas katanya..^0^

Resep ini nyontek dari blog mba Ricke Indriani

Ini resepnya

Super Fudgy Brownies

Bahan
3 butir telur
120 g unsalted butter ( aku pake margarin )
130 g terigu protein sedang
30 g coklat bubuk
225 g Dark Cooking Chocolate
250 g gula kastor (aku pake 200 g)
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam

Cara Membuat
1. Panaskan oven hingga suhu 180°C
2. Semir loyang ukuran 30x10x4 cm dengan margarin, alasi kertas roti, semir lagi dengan margarin. Lebihkan kertas roti pada sisi-sisi loyang untuk memudahkan mengeluarkan brownies saat matang
3.  Campur terigu dan coklat bubuk, ayak. Sisihkan
4. Lelehkan DDC dengan cara di tim,masukkan margarin aduk hingga meleleh semua. Angkat
5. Masukkan gula pasir, aduk dengan whisker hingga gula menyatu dengan coklat
5. Masukkan telur 1 per 1 aduk rata hingga menjadi adonan yang halus dan lembut
7. Masukkan campuran terigu dan coklat, aduk rata hingga tepung sudah tidak terlihat saja. Jangan overmix ya nanti bantat. Gagal deh hehe
8. Panggang hingga matang, test kematangan dengan test tusuk atau dengan test sentuh permukaan, sudah kokoh bila ditekan dan akan terbentuk shiny crust yang cantik khas brownies panggang.
9. Keluarkan dari oven.Diamkan dalam loyang agar agak dingin, keluarkan.


Bisa juga dibuat cupcake




Semoga bermanfaat yaa...:)

Komentar

  1. mba mau nanya, untk dark chocolate cookingnya unsweetned atau semi ya? soalnya klo gulanya dikurangin, jdi ndak dapat crunchy nya atau shiny crustnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh maaf banget mba Tessa, baru baca komennya...untuk DCC nya yang sweet mba, itu sih yang pernah aku coba rasanya DCC ini mba...untuk shiny crustnya aku masih dapat, masukin ovennya setelah suhunya benar2 panas mba..semoga membantu :)

      Hapus
    2. iya ndak papa mba, hehehe, jdinya ndak kemanisan kah mba?? soalnya dcc collota kan dah manis gula 200gr..maaf mba banyak nanya hehehe

      Hapus
    3. Hai mba Tessa, untuk resep aslinya gulanya malah 250 gram, makanya saya kurangin karena biar ga terlalu manis hehe..karena saya juga ga terlalu suka brownies yang terlalu manis. Untuk coklatnya yang dark (DCC) tidak terlalu manis dibanding dengan Milk mba. Semoga bisa membantu ya mba soalnya saya juga masih amatiran nih hehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marmer Cake Jadul Pak Sahak

Kue Pancong (Kue Bandros)

Srikaya Telur Gula Merah